Telaga Legaye Lol (Yonelo) - Wisata Halmahera Tengah

Halmahera terdapat banyak telaga, salah satu telaga yang menjadi destinasi wisata adalah Telaga Legaye Lol yang dikenal juga dengan sebutan Yonelo. Telaga Yonelo  berada di Desa Sagea, Kab. Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara. Telaga ini adalah sebuah danau air payau yang terletak di kaki bukit Legaye Lol di sebelah barat desa Sagea. 



Panjang Danau ini kurang lebih 2,5 km dan lebar 2,4 km. Keunikan danau ini adalah di tengahnya terdapat pulau kecil yang diberi nama Pulau Yefi. Di pesisir danau terdapat berbagai macam jenis tanaman baik bakau dan jenis kayu lainnya. Di dasar danau hidup kerang-kerang danau yang dapat diolah untuk menjadi makanan seperti abon dan sebagainya dengan kadar protein yang sangat tinggi.

Jarak yang ditempuh untuk mencapai gerbang danau kurang lebih 2 km, dengan lama perjalanan kurang lebih 25 menit dari desa Sagea. Dan sarana transportasi yang digunakan untuk mengunjungi danau ini adalah long boat, atau transportasi tradisional (ketinting). Jarak telaga Yonelo dari Weda adalah 56 km.

Di ujung danau ini terdapat sebuah makam yang berdekatan dengan sebuah mata air tawar. Konon di tempat ini dimakamkan turunan kesultanan Jailolo yang bernama Muhammad Taher. Hingga kini, makam ini dikeramatkan oleh masyarakat Sagea dan sekitarnya. Makam ini sering dijadikan sebagai tempat ziarah baik oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat yang ada di luar Kabupaten Halmahera.

Post a Comment