Telaga Lina - Wisata Halmahera Utara (Wilayah Tobelo)

Di pedalaman hutan Tobelo terdapat sebuah danau yang dikelilingi hutan lebat dengan air sejernih kristal. Danaunya yang tenang menyimpan beragam siput dan ikan air tawar seperti mujair dan nila. Telaga Lina adalah salah satu Objek Wisata di Wilayah Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara. Provinsi Maluku Utara.

Di sekitar telaga lina terdapat sebuah dusun bernama kampung Telaga Lina. Dari sinilah nenek moyang orang Tobelo kemudian bermigrasi hingga menempati kawasan pesisir timur wilayah Tobelo. Mereka yang memilih tinggal di sini, melanjutkan kehidupan sebagai komunitas tradisional yang eksis hingga saat ini dengan mengusahakan hidup dari hasil danau dan hutan.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat terpencil dan berinteraksi dengan masyarakat tradisional maka mengunjungi Lina wajib masuk dalam daftar perjalanan Anda.

Telaga Lina berada di sekitar 30 Km di sebelah selatan kota Tobelo. Jika Anda menggunakan transportasi umum, maka gunakanlah mikrolet jurusan Trans Zero dari perempatan Jl. Simange-Sengkanaung (Kota Tobelo) lalu turun di desa Trans Zero. Kemudian, lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 4 Km ke Wangongira. Dari Wangongira, Telaga Lina berjarak sekitar 7 Km.

Post a Comment